Profil STAI-BU Tambakberas Jombang - Goresan KENANGA

creation without limits

Hot

Kamis, 16 Juni 2011

Profil STAI-BU Tambakberas Jombang

A. Sejarah Singkat Awal Berdiri dan Perkembangan
Pada tahun 1965 (alm) KH. Abdul Wahab Hasbulloh sebagai salah seorang penerus perjuangan orang tuanya KH. Abdussalam atau yang juga dikenal dengan sebutan Mbah Shoichah, pada saat itu sebagai Ketua Majelis Pengasuh Pondok Pesantren Tambakberas Jombang Mendiklarasikan ”BAHRUL ULUM” sebagai nama pondok pesantren sekaligus menetapkan pula lambang lembaga pendidikan ini. Hal ini beliau lakukan untuk merespon tuntutan zaman yang sekaligus merupakan obsesi besarnya menjadikan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang sebagai lautan ilmu.
Berdirinya Yayasan Universitas Bahrul Ulum (UNIBA) Tambakberas Jombang, adalah merupakan buah pikiran dan cita-cita  KH. Abdul Wahab Hasbulloh sebagai pendiri Pondok Pesantren Bahrul Ulum yang ingin mengembangkan pendidikan bagi para santrinya hingga mencapai pada jenjang pendidikan tinggi. Yayasan Universitas Bahrul Ulum dibentuk sebagai pesyaratan pendirian perguruan tinggi di lingkungan Pondok Pesantren Bahrul Ulum. Oleh sebab itu Yayasann Universitas Bahrul Ulum berobsesi pada pengembangan Perguruan Tinggi di lingkungan Pondok Pesantren.
Terbentuknya Yayasann Universitas Bahrul Ulum (UNIBA)   berawal dari didirikannya lembaga pendidikan tinggi bernama Akademi Bahasa Asing (ABA) Bahrul Ulum tahun 1983 oleh (Alm.) KH. Moh. Najib Abdul Wahab, seorang Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Akademi Bahasa Asing Bahrul Ulum itu berlangsung hingga tahun 1988. Kemudian mulai tahun 1989 berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Bahrul Ulum (STIT-BU) Tambakberas Jombang. Sejak awal berdirinya hingga tahun 1992 berada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang dengan akta notaris Salim Harmoko S.H. Nomor: 18 Tanggal 19 Pebruari 1983 yang berkedudukan di Mojokerto.
Selanjutnya, Perguruan Tinggi di rasa perlu memiliki Yayasan tersendiri, kemudian para pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, mengadakan musyawarah pada tanggal 25 Nopember 1993 di kediaman Ibu Nyai Hj. Abdul Wahab Hasbulloh untuk membentuk Yayasan Universitas Bahrul Ulum (UNIBA) Tambakberas Jombang. Hasil musyawarah itu dibakukan melalui Surat Keputusan Sidang Pleno Keluarga Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, pada hari Kamis, tanggal 25 Nopember 1993 dengan SK. No:01/PI-K/PPBU/XI/1993. Yayasan Universitas Bahrul Ulum diakui pemerintah berdasarkan Akte Notaris Bazron Humam S.H. nomor: 27 tanggal 15 Desember 1993 berkedudukan di Jombang.
Sebagai yayasan yang berada dilingkungan Pondok Pesantren dan bergerak dalam bidang pendidikan tinggi tentu saja visi dan misi yayasan ini diarahkan pada tercapainya sebuah perguruan tinggi yang dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang mempunyai keseimbangan antara intelektual dan moral dalam menghadapi tantangan dunia global. Sarjana yang tidak hanya mampu mengembangkan ilmu pengetahuan berdasar rasio semata tetapi dapat mengembangkan manfaat dampak sosial yang ditimbulkan dari kemajuan ilmu pengetahuan tersebut.
Sejauh ini yayasan UNIBA telah membuat program-program pengembangan Perguruan Tinggi baik terkait dengan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Pengembangan Program Pendidikan maupun penambahan sarana dan prasarana, program-program tersebut telah diusahakan secara maksimal, namun demikian tidak semua program tercapai dengan maksismal disebabakan karena adanya beberapa kendala yang dihadapinya.

B. Visi, Misi dan Tujuan STAI Bahrul Ulum
Visi : Mencetak tenaga pendidik yang profesional, bertaqwa kepada Allah Swt dan berakhlaqul karimah  
Misi :
  1. Mengembangkan Ilmu Kependidikan yang relevan dengan  kemajuan zaman dimasa kini dan mendatang
  2. Mengantar mahasiswa menjadi tenaga pengajar yang memiliki wawasan yang mendalam, berakhlaq mulia cerdas trampil dalam melaksanakan tugas dan pengabdianya.
  3. Mengantarkan mahasiswa menjadi tenaga kependidikan yang mampu mengarahkan roda pembaharuan pendidikan Islam
Tujuan:
  1. Menyiapkan peserta didik (mahasiswa) menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik, metodologis dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan atau menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi bernafaskan Islam.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni dan budaya bernafaskan Islam, dan mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
  3. Menghasilkan pendidik (guru) agama Islam yang memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai yang diperlukan untuk menjadi pendidik agama Islam pada jenis pendidikan keagamaan Islam, serta pembimbing dan penggerak kegiatan keagamaan di masyarakat.
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan tambahan dalam membentuk, mengelola dan mengorganisir, merencanakan dan melaksanakan program pendidikan, melakukan supervisi, monitoring dan evaluasi program satuan pendidikan keagamaan Islam. 

C. Penampilan (Performance) Kelembagaan
Gambaran performance kelembagaan yang dibangun oleh STAI Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, untuk mewujudkan visi, misi dan tujuannya adalah:
  1. Memiliki kecakapan manajemen yang mampu menggerakkan potensi-potensi yang dimiliki untuk menumbuhkembangkan kreatifitas seluruh civitas akademika.
  2. Memiliki tradisi akademik yang mendorong lahirnya kewibawaan akademik bagi seluruh civitas akademika.
  3. Memiliki pemimpin yang mampu dan sanggup mengakomodir seluruh potensi yang dimiliki menjadi kekuatan penggerak lembaga.
  4. Memiliki tenaga akademik yang memadai dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi agama Islam.
  5. Memiliki sarana pendidikan yang memadai (ruang kuliah, ruang pimpinan, ruang pelayanan administrasi, ruang perpustakaan, ruang kegiatan kemahasiswaan) dan beberapa sarana penunjang yang lain.
  6. Beridentitas dan berparadigma keislaman, dinamis, inovatif dan peduli pada lingkungan masyarakat sekitarnya.
  7. Memiliki hubungan kerja sama simbiosis mutualis dengan lembaga-lembaga pendidikan formal (perguruan tinggi lain, madrasah dan sekolah) serta masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan.
  8. Berada di lingkungan pondok pesantren, bernuansa agamis, mahasiswa bisa kuliah dan mengaji di pesantren. 

D. Program Pendidikan Yang Diselenggarakan
Program pendidikan yang diselenggarakan STAI Bahrul Ulum meliputi:
  1. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
  2. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI)
a. Program Reguler : Masuk pagi, Senin s/d Kamis
b. Program Non Reguler : Masuk siang, Sabtu & Ahad.
  1. Program AKTA IV.

E. Fasilitas / Sarana Pendidikan
  1. Ruang pimpinan
  2. Ruang pelayanan administrasi
  3. Ruang Dosen
  4. Ruang kuliah yang memadai
  5. Laboratorium Bahasa
  6. Lembaga Penelitian
  7. Perpustakaan
  8. Laboratorium Praktek Mengajar (Micro Teaching)
  9. Ruang Seminar
  10. Ruang serba guna
  11. Kantin kampus
  12. Ruang kegiatan ekstra kampus (BEM & lain-lain)
  13. Lapangan olah raga.
  14. Ruang Internet
  15. Tempat parkir
F. Program Perkuliahan Penunjang
Untuk menunjang kemampuan mahasiswa dalam memahami literatur-literatur perkuliahan, terutama yang berbahasa asing (Arab dan Inggris), dan juga membekali mahasiswa agar memiliki keterampilan berbahasa Arab dan Inggris agar mampu berkomunikasi aktif secara internasional, maka STAI Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, memberikan perkulihan penunjang berupa pembinaan Bahasa Arab dan Inggris secara intensif. 

G. Pembinaan Intensif Bahasa Arab
Pembinaan bahasa Arab bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berbahasa Arab untuk dijadikan alat dalam melakukan kajian keislaman dan berkomunikasi aktif dengan masyarakat atau bangsa yang berbahasa Arab. Dengan pembinaan bahasa Arab secara intensif dan kreatif ini, diharapkan mahsiswa mampu melakukan kajian literatur yang berbahasa Arab secara mandiri, sehingga harapan agar mahasiswa mampu mengembangkan keilmuan lebih lanjut dapat terwujud.
Bentuk pembinaan intensif bahasa Arab adalah:
a. Program pembinaan intensif bahasa Arab wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa, baik jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) maupun jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI).
b. Program pembinaan bahasa Arab dilaksanakan selama  1 semester (semester satu).
c. Waktu pembinaan bahasa Arab adalah 9 jam per minggu dan dilaksanakan diluar jam perkuliahan reguler.
d. Program ini dibina oleh tenaga ahli di bidang bahasa Arab.
e. Untuk menunjang pembinaan bahasa Arab ini, disediakan media pembelajaran:
1.      Laboratorium bahasa
2.      Video Cassette Arab
3.      Komputer Arab
4.      Tape Recorder
5.      Kelas terbuka
6.      Ruang halaqoh dan perpustakaan

H. Pembinaan Intensif Bahasa Inggris
Pembinaan intensif bahasa Inggris merupakan perkuliahan penunjang sebagaimana pembinaan intensif bahasa Arab. Pembinaan bahasa Inggris bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam bidang bahasa Inggris, baik keterampilan berbicara maupun keterampilan membaca teks berbahasa Inggris yang terdapat pada buku-buku literatur akademik. Tujuan tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:
a.       Membekali mahasiswa dengan berbagai strategi membaca buku teks berbahasa Inggris, terutama buku-buku literatur akademik.
b.      Membekali mahasiswa dengan penguasaan kosakata yang memadai untuk alat berkomunkasi dan memahami teks berbahasa Inggris.
c.       Bentuk pembinaan intensif bahasa Inggris adalah:
1.      Program pembinaan intensif bahasa Inggris wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa, baik jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) maupun jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI).
2.      Program pembinaan bahasa Inggris dilaksanakan selama 1 semester (semester dua).
3.      Waktu pembinaan bahasa Inggris adalah 9 jam per minggu dan dilaksanakan diluar jam perkuliahan reguler.
4.      Program ini dibina oleh tenaga ahli di bidang bahasa Inggris.
5.      Untuk menunjang pembinaan bahasa Inggris ini, disediakan media pembelajaran sesuai kebutuhan pembelajaran bahasa Inggris.

I. Lembaga Penelitian
Salah satu fungsi perguruan tinggi adalah sebagai lembaga penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Untuk melaksanakan tugas ini, STAI Bahrul Ulum telah memiliki Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M). LP2M bertujuan sebagai berikut:
a. Mendorong dan membudayakan research minded di kalangan dosen dan mahasiswa, sebagai upaya mengembangkan konsep, prinsip, prosedur dan teori keilmuan.
b. Mengembangkan dan membina kemampuan di bidang penelitian bagi tenaga dosen.
c. Mengembangkan dan memberdayakan sumber daya peneliti
d. Mengembangkan model dan praktek penelitian.
e. Mengembangkan kajian keislaman.
f.  Meningkatkan kerjasama dengan instansi yang terkait untuk mengembangkan penelitian.   

J.   Profil Tenaga Akademik / Pendidik
1.      Tenaga akademik (dosen dan karyawan) STAI Bahrul Ulum berjumlah 35 orang, dengan latar belakang pendidikan S-3, S-2 dan S-1, berstatus Dosen Negeri (DPK), dosen tetap yayasan dan dosen tidak tetap yayasan. Secara umum mereka memiliki pengalaman mengajar di perguran tinggi yang cukup memadai. Adapun daftar dosen dan karyawan sebagaimana terlampir.
2.      Berpenampilan sebagai seorang mukmin dan muslim dimana saja berada, bersikap dan berperilaku jujur, amanah, berakhlak mulia serta dapat menjadi teladan bagi civitas akademika lainnya.
3.      Memiliki kedalaman dan wawasan keilmuan yang memadai sebagai tenaga pendidik di perguruan tinggi agama Islam.
4.      Kreatif, dinamis dan inovatif dalam melaksanakan tugas pembelajaran dan pengembangan keilmuan.

K.  Profil Mahasiswa
Pada tahun akademik 2007/2008, STAI Bahrul Ulum memiliki 618 mahasiswa yang terbagi dalam Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Jurusan Pendidikan Aagama Islam (PAI) dan Program Akta IV. Sekitar 80 % mereka berasal dari Wilayah Jombang, Mojokerto, Nganjuk, Lamongan, Bojonegero dan sekitarnya, sedangkan selebihnya berasal dari berbagai daerah hingga dari luar Jawa. Hal ini mengingat STAI Bahrul Ulum berada di lingkungan pondok pesantren besar, yakni pondok pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, sehingga mahasiswanya berasal dari berbagai daerah seluruh Indonesia. Mereka di samping kuliah juga mondok dan mengaji di pesantren tersebut (kuliah sambil mondok).
Dari latar belakang pendidikannya, mahasiswa STAI Bahrul Ulum berasal dari berbagai jenis pendidikan seperti Madrasah Aliyah, SMA, SMK baik negeri maupun swasta, dan tidak sedikit yang memiliki latar belakang pendidikan pesantren. Sebagian dari mereka juga ada yang telah memiliki kegiatan mengajar sebagai guru, baik di lembaga pendidikan formal seperti MI, MTs, MA maupun madrasah diniyah di lingkungan pondok pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.
Secara rinci profil mahasiswa STAI Bahrul Ulum adalah sebagai berikut:
1.      Memiliki performance sebagai calon pemimpin masyarakat yang ditandai dengan kesederhanaan, kerapian, dan penuh percaya diri.
2.      Berdisiplin tinggi.
3.      Memiliki ghiroh yang tinggi terhadap ilmu pengetahuan.
4.      Memiliki keberanian, kebebasan dan keterbukaan.
5.      Bersikap kreatif, inovatif, dan berpandangan jauh ke depan.
6.      Memiliki kepekaan terhadap persoalan lingkungan.
7.      Bersikap bijaksana dalam menyelesaikan persoalan.
8.      Mampu berkomunikasi dengan dunia luas, nasional dan internasional.
9.      Mencerminkan kepribadian yang memiliki kemantapan aqidah dan keda-laman spiritual, keluhuran akhlak, kedalaman ilmu dan kematangan pro-fesional.   

L. Profil Lulusan
Sampai dengan akhir tahun akademik 2005/2006, STAI-BU Tambak-beras Jombang, telah menghasilkan lulusan lebih dari 1,200 sarjana. Sekitar 90 % lulusan tersebut tersebar di daerah Kabupaten Jombang dan sekitarnya. Selebihnya tersebar di berbagai daerah. Mereka menjadi tenaga pendidik (gu-ru) di berbagai jenis dan jenjang pendidikan, bahkan beberapa orang menjadi dosen di berbagai perguruan tinggi. Dari sebagian alumni itu, ada yang men-jadi PNS baik guru maupun dosen, guru bantu dan guru honorer lainnya, ada yang menjadi politikus, usahawan dan tokoh masyarakat. Secara rinci profil lulusan STAI Bahrul Ulum adalah sebagai berikut:
  1. Memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dibidangnya.
  2. Memiliki integritas, imtaq, iptek dan akhlak.
  3. Berwawasan global.
  4. Mampu memasuki lapangan kerja di sektor-sektor modern.
  5. Memiliki potensi yang berkembang dinamis.
  6. Bertanggung jawab dalam pengembangan ilmu pengetahuan, masyarakat dan pembangunan nasional dan global.

M. Sistem Perkuliahan
Dalam melaksanakan perkuliahan, sejak tahun 1983 hingga 1987 menggunakan sistem  paket. Selanjutnya, sejak tahun 1988 menggunakan Sis-tem Kredit Semester (SKS), yakni sejak dikeluarkannya SK Rektor IAIN Sunan Ampel Surabaya selaku Koordinator Kopertais Wilayah IV Surabaya, nomor: 02 tahun 1988 tentang pelaksanaan Sistem Kredit Semester (SKS). Program Sarjana (S-1) dan konversi bagi Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta di lingkungan Kopertais Wilayah IV Surabaya, terhitung mulai 1 Januari 1988, wajib melaksanakan SKS. 
Penataan STAI Bahrul Ulum disesuaikan dengan struktur yang terdapat dalam Surat Keputusan Koordinator Kopertais Wilayah IV Surabaya nomor: Kep./03/IV.4/1990 dan Keputusan Raker PTAIS se-Kepertais Wilayah IV Surabaya nomor: Kep./01/RK/1990 dan Statuta STAI Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Sejak tahun 2000, STAI-BU Tambakberas Jombang berstatus terakreditasi B untuk jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan tahun 2009 terakreditasi  B untuk jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar